Inilah Arti Kata Hilirisasi Yang Digunakan Gibran Rakabuming Raka Saat Debat Cawapres Ke-4!

- 25 Januari 2024, 15:30 WIB
Apa arti kata Hilirisasi yang digunakan oleh Gibran Rakabuming Raka
Apa arti kata Hilirisasi yang digunakan oleh Gibran Rakabuming Raka /Deddy Yustianto/Pixabay

KILASCIMAHI - Inilah arti dari istilah kata Hilirisasi yang digunakan oleh Gibran Rakabuming Raka pada saat debat cawapres yang ke-4, simak ulasannya.

Bagi sebagian orang mungkin akan sangat asing jika mendengar istilah kata Hilirisasi ini. Ya, istilah kata ini digunakan oleh cawapres nomor urut 2 yaitu Gibran Rakabuming Raka.

Lantas apakah arti dari istilah kata Hilirisasi ini? Istilah kata yang digunakan oleh cawapres nomor urut 2 yaitu Gibran Rakabuming Raka dalam debat ke-4.

Baca Juga: Greenflation Itu Apa Sih? Bahasa Yang Digunakan Gibran Rakabuming Raka Saat Debat Cawapres Ke-4, Ternyata Ini

Orang awam tentu saja banyak yang bertanya-tanya tentang arti istilah hilirisasi tersebut dan mengapa Gibran Raka Buming Raka kerap kali menyebutnya.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, hilirisasi berarti penghiliran atau mengolah bahan baku menjadi barang siap pakai.

Hilirisasi bertujuan mengoptimalkan nilai jual produk sehingga memberi nilai tambah bagi pendapatan pemerintah Istilah hilirisasi ini ternyata bukan baru digunakan, sebab program hilirisasi merupakan salah satu program kerja yang juga sering digaungkan oleh Presiden Jokowi Dodo selama menjabat maupun sebelum menjabat.

Dengan melakukan hilirisasi diharapkan Indonesia tidak lagi mengekspor komoditas-komoditas mentah namun sudah menjadi bahan hasil olahan yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Hilirisasi bertujuan mendorong industri pengolahan dalam negeri untuk tidak lagi mengekspor bahan baku mentah. Salah satunya dapat dilihat dari kebijakan pemerintah yang melarang ekspor bijih nikel mentah sejak 1 Januari 2020.

Halaman:

Editor: Kamariah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah